Manfaat Wijen Untuk Kesehatan

Manfaat Wijen Untuk Kesehatan
===================================







Wijen merupakan salah satu bahan yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan di campuran makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Wijen termasuk dalam keluarga biji-bijian, bentuknya kecil dengan rasa yang khas. Selain memiliki cita rasa yang khas, manfaat biji wijen banyak dirasakan konsumen. Salah satu bagian dari wijen yang memiliki banyak khasiat lainnya adalah minyak wijen.




Sudah lama minyak biji wijen digunakan sebagai bahan herbal yang baik untuk tubuh, tak jarang juga kita melihat beberapa pengobatan yang kandungannya terbuat dari minyak wijen. Selain itu, sama halnya dengan bijinya, minyak biji wijen juga bagus jika dipakai sebagai bahan masakan. Terkenal sejak 600 SM di Assyria, minyak wijen berkembang pesat dan menjadi populer. Berikut adalah manfaat dan khasiat minyak biji wijen untuk kesehatan.
1. Melindungi Kulit

Kulit menjadi salah satu bagian indra tubuh yang harus dijaga. Banyak orang memiliki kulit yang sensitif dan lemah atas bakteri atapun virus. Manfaat minyak wijen yang pertama adalah membantu melindungi kulit agar terhindar dari bakteri dan sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Minyak biji wijen terkenal dikalangan para atlet renang karena ampuh dalam mengatasi efek klorin kulit.
2. Sebagai Anti-Kanker

Sangat penting untuk menghindari apa yang dinamakan kanker. Sedikit saja pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, maka jika tak diatasi dengan cepat dan tanggap, hal itu bisa berakibat susah disembuhkan. Cegah sejak dini dengan rajin mengkonsumsi minyak biji wijen yang sehat dan berfungsi ampuh dalam mengatasi sel-sel kanker. Ayurvedic, sebuah metode pengobatan yang menggunakan minyak biji wijen sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
3. Ampuh Redakan Rasa Nyeri

Rasa nyeri atau rasa sakit sering terjadi pada bagian tubuh manapun, penyebabnya pun beragam, bisa jadi karena luka dalam, pembengkakan, peradangan, kerusakan tulang dan lainnya. Anda dapat menggunakan salah satu manfaat minyak wijen ini sebagai alternative pengobatan mengatasi rasa sakit atau nyeri. Zat anti-inflamasi yang terkandung dalam minyak wijen berfungsi dalam mengurangi rasa sakit atau nyeri pada tubuh, khususnya bagian wajah.
4. Manfaat Minyak Wijen Dalam Moisturizing

Anda yang menderita masalah terkait dengan kulit seperti kulit kering, minyak wijen dapat menjadi metode pongobatan yang ampuh. Selain membantu melembabkan kulit, minyak wijen juga berfungsi dalam mengatasi penyakit eksim ( Psoriasis ) dan gangguan kulit lainnya yang dapat menyebabkan gangguan kulit lebih serius. Anda dapat mengkonsumsinya atau cukup dengan mengoleskan pada kulit, zat yang mudah menyerap oleh kulit membuat manfaat minyak wijen sebagai pelembab kulit.
5. Sebagai Efek Penenang

Anda yang sering dilanda stress pasti mengalami perubahan-perubahan pada tubuhnya, seperti rambut beruban diusia dini, kerontokan, dan wajah yang berkerut. Dalam poin ke-3 yaitu kulit wajah berkerut, Anda dapat mendapatkan manfaat biji wijen satu ini dengan cara melakukan pemijatan wajah setiap hari. Selain itu, minyak sehat ini juga berfungsi memberikan efek tenang sehingga mengurangi potensi stress berlebih dan sakit kepala.
6. Sebagai Anti Bakteri

Bakteri yang singgap dalam maupun bagian luar tubuh dapat memberikan efek negative pada kesehatan tubuh, salah satunya kesehatan kulit Anda. Bakteri yang singgap dikulit dapat menyebabkan penyakit-penyakit kulit seperti ruam, jerawat dan lainnya. Manfaat minyak wijen kali ini adalah ampuh membunuh bakteri pada kulit dan mencegah penyakti-penyakit yang disebutkan tadi. Selain itu, dengan melakukan pengonsumsian rutin maka dapat juga mencegah perkembangan bakteri dalam tubuh dan dapat menyembuhkan penyakti seperti sakit perut dan lainnya.
7. Sebagai Anti Oksidan

Sifat anti oksidan pada minyak wijen membantu dalam mengatasi perkembangan radikal bebas yang masuk dari luar. Keberadaan radikal perusak dalam tubuh ini dapat mengakibatkan masalah-masalah seperti kulit terlihat lebih tua. Jika terjadi demikian, gunakanlah minyak wijen yang ampuh mengatasinya, hanya dengan melakukan pemijatan yang rutin maka dapat mencegah kulit lebih tua akibat kurangnya anti oksidan dalam tubuh.
8. Sebagai Obat Migrain dan Insomnia

Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang hanya terjadi pada satu bagian kepala saja, mengkonsumsi minyak wijen dapat membantu mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah. Selain itu, manfaat minyak wijen juga membantu dalam mengatasi penyakit susah tidur atau biasa disebut sebagai insomnia.

Komentar